Serba Serbi Doa

#project_01

Do’a

Assallamualaikum Wr. Wb. Sobat Project....

Hari ini kita akan ngebahas tentang doa. Seluruh makhluk ciptaan Allah selalu berhajat pada-Nya tak hanya manusia saja lho ya...

Allah juga mewajibkan hamba-Nya untuk senangtiasa berdoa juga, seperti yang tertera dalam QS. Al – Mu’min ayat 60 yang berbunyi “ Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Ku-perkenanakan bagimu. Sesungguhnya orang orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina.’’

Itu gimana sih kak maksudnya ? jadi yang dimaksud ayat tersebut adalah siapapun yang tidak memohon kepada Allah, maka Allah akan marah.

Siapa nih yang males berdoa dan merasa doanya gak dikabulin, hayo ngaku....

Buat sobat yang merasa doanya gk dikabulin, kalian harus tetap semangat ya. Karena bukannya Allah gak ngabulin doa kalian tapi Allah punya rencana yang lebih baik dari rencana kalian. Kalian tak pernah tau ada sesuatu hal yang indah menanti kalian. Ingat ya doa itu adalah amalan yanga paling mulia serta punya kedudukan yang agung. Dengan doa kita dapat merubah takdir kita.

Siapapun yang berdoa akan mendapatkan satu dari hal hal yang disebutkan oleh Rasullullah dalam sabda beliau : “Tidaklah seorang muslim berdoa dengan doa yang tidak mengandung dosa dan pemutusan tali silatuhrahmi, kecuali Allah akan memberikan kepadanya salah satu dari tiga hal yaitu akan segera dikabulkan doanya, atau Allah akan menjadikannya tabungan (pahala) diakhirat kelak, atau dengan doa itu Allah akan menjauhkannya dari kejelekan yang setara dengan doanya ” kemudian mereka berkata : “kalau begitu kami akan memperbanyak (doa) ? Nabi menjawab : “(apa yang dimiliki) Allah lebih banyak” (HR. Ahmad)

Sobat Project yang beriman, kalian tau kan bahwa Allah selalu mendengarkan doa hamba-Nya, mungkin harapan yang kalian panjatkan kepada-Nya dikabulkan dalam bentuk yang lain. Coba deh diinget inget

Allah sangat senang dengan permintaan hamba-Nya, dan mencintai mereka yang terus menerus meminta-Nya, serta mendekatkan mereka kepada-Nya. Tau gak sobat bahwa para sahabat Nabi telah mengamalkannya dan menghayati perkara ini, mereka tak pernah meremehkan sesuatu untuk memohon kepada Allah juga tidak meminta sesuatu kepada selain Allah. Karena kecintaan mereka kepada Rabb mereka pencipta semesta alam juga karena kedekatan Allah kepada mereka seperti dalam firmannya dalam QS. Al-Baqarah ayat 186 yaitu “Dan apabila hamba hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasannya Aku adalah dekat.”

Perlu kalian tahu ya, doa itu ada 2 macam. Yang pertama Doa Ibadah seperti solat dan puasa kemudian yang kedua Doa Permintaan dan Permohonan.

Berikut adalah sebab terkabulnya doa :

1. Bersifat Zhahir yaitu doa yang diawali dengan amalan amalan shalih seperti wudhu, shalat, menghadap kiblat, mengangkat kedua tangan, memuji Allah, sedekah, berdoa menggunakan asma dan sifat Allah yang sesuai dengan doa yang dipanjatkan, bersolawat kepada Nabi pada permulaan pertengahan dan akhir doa, mengakui segala dosa yang telah diperbuat, bersyukur atas nikmat-Nya serta memanfaatkan waktu waktu khusus yang memiliki keutamaan terkabulnya doa seperti pada setiap hari dan malam yaitu sepertiga malam terakhir ketika Allah turun ke langit dunia, antara adzan dan iqamah, setelah wudhu, pada waktu sujud, sebelum salam dalam solat, setelah solat fardhu, ketika khatam Al-Qur’an, ketika mendengar ayam berkokok, ketika dalam perjalanan, doa orang terzalimi, doa orang mu’min untuk saudaranya yang mu’min tanpa sepengetahuannya, ketika menghadapi musuh di medan perang, hari jum’at (terutama pada saat saat terakhirnya), pada bulan ramadhan disaat berbuka dan sahur, malam Lailatul Qadar, dan hari arafah. Selain waktu yang khusus ada juga tempat yang mulia seperti di semua masjid, di ka’bah terutama di Multazam, dimaqam Ibrahim a’laihissalam, diatas Shafa dan Marwah, di Arafah, Muzdalifah dan Mina pada musim haji, ketika minum air zam zam dll.

2. Bersifat Batin yaitu sebelum berdoa kita mendahulukan taubat yang benar, mengembalikan hak hak orang, memperbaiki makanan, minuman, pakaian dan tempat yang diharamkan, menjaga diri dari perkara syubhat dan syahwat. Kemudian ketika berdoa sobat harus menghadirkan hati, harapan yang kuat, berserah diri kepada Allah, merendahkan diri di hadapan-Nya, terus menerus meminta, menyerahkan segala urusan kepada-Nya, dan tidak berpaling sedikitpun kepada selain-Nya dan yakin akan terkabulnya doa kalian ya sobat.
Ada juga nih yang mengalangi terkabulnya doa yaitu mempesekutukan Allah dalam berdoa, terlalu merinci dalam berdoa, seorang muslim mendoakan celaka terhadap dirinya atau orang lain secara dzalim, doa yang mengandung dosa dan bermaksud memutuskan silatuhrami, menggantungkan doa dengan kehendak, tergesa gesa minta dikabulkan, merasa bosan dan letih, berdoa dengan hati yang lalai, tidak bertata krama ketika berdoa kepada Allah, berdoa meminta sesuatu yang urusannya sudah selesai, berdoa menggunakan kata kata bersajak, bersuara keras.

Sobat Project yang dirahmati Allah, saat berdoa kita disunatkan melakukan hal hal berikut secara urut yaitu
1) Bertauhid dan memuji Allah.
2) Bershalawat kepada Nabi.
3) Bertaubat dan mengakui bahwa ia berdosa. 4) Bersyukur kepada Allah atas segala nikmat-Nya.
5) Memulai berdoa dan berusaha membaca doa doa yang lengkap dan yang diajarkan oleh Rasulullah dan salaf.
6) Mengakhiri doa dengan bersalawat kepada Nabi.

Eittsss.... ada yang kelupaan nih, intinya saat sobat Project berdoa, kalian harus benar benar optimis bahwa doa itu akan didengar dan dikabulkan, jangan doa aja tapi disertain usaha juga ya. Jangan sering mengeluh juga,banyak bersyukur atas apa yang diberikan Allah pada kalian. Kita sebagai manusia memang lebih banyak menuntut daridapa bersyukur, iya gak ?
Jadi buat Sobat Project juga harus selalu intropeksi diri ya...

Tanamkan pada hati kalian untuk selalu yakin pada setiap rencana Allah, selalu berusaha dan berdoa, juga bersyukur ya...

Semoga bermanfaat sobat, jangan lupa kritik dan sarannya ya, jika ada yang ditanyakan atau kurang jelas tulis dikolom komentar aja nanti insyaallah kakak balas.

Tunggu artikel berikutnya ya sobat, terima kasih...

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Komentar